Membuat Game Greenfoot Part 4


Selamat datang di tutorial membuat game greenfoot sederhana (ala mbak-mbak ind*m*ret) semoga harimu menyenangkan hehehe..

Haii gaes semunya,, yang ada di sana maupun yang ada dimana-mana.. kali ini kita masih mengobok-obok game tokek, meski udah hampir sesuai sama scenario yang udah dibuat tetapi masih dikatakan belom selesai kali ngak ada tantangannya..

Sekarang kita mau menambahkan musuh buat si tokek, dimana musuh ini mengandung racun, jadi jika toktk terkena musuhnya, maka tokek akan mati dan game pun selesai. tapi musuh dari tokek yang denger-denger seekor ular ini tidak doyan pizza jadi dia tidak akan memakan pizza.

Untuk menambahkan musuh kita hanya tinggal copas sebagian dari codingan tokek dan menambahkan sedikit codingan di class tokek.

Buat Class Musuh
Buat subclass baru dari Actor, beri nama dan pilih gambar. disini saya beri nama Enemy.














Jika sudah tambahkan Ular / Enemy kedalam bidang game, bisa kalian kasih satu ataupun lebih dari satu. game ini saya kasih enemy sebanyak 3 ekor ular.


setelah itu klik kanan pada bidang game lalu pilih Save The World.

Source Code Enemy
Seperti yang gue bilang tadi kita hanya perlu mengambil beberapa codingan dari class Tokek jadi kita ngak perlu ngoding lagi tapi ada beberapa adaptasi yang gue lakuin agar tingkat Enemy tidak sama dengan Tokek.
Copy paste kan codingan ini kedalam Class Enemy, letakkan di atas tanda tutup kurung kurawal ( } ) yang berada paling bawah.
     public void jalan(){
        if(Greenfoot.getRandomNumber(100)<10){
            turn(Greenfoot.getRandomNumber(40));
        }
    }
    public void putar_balik(){
        if(isAtEdge()){
            turn(13);
        }
    }

Setelah itu tambahkan codingan ini di dalam act dari class Enemy
        move(3);
        jalan();
        putar_balik();













Tambahan Source Tokek
Tadi di awal udah dijelaskan bahwa jika Tokek menyentuh enemy maka permainan akan selesai atau game over. Jadi tambahkan Source code ini di atas kurung kurawal tutup terakhir di class Tokek.
    public void kalah(){
        if(isTouching(Enemy.class)){
            Greenfoot.stop(); // membuat game greenfoot selesai
        }
    }

lalu panggil method kalah() kedalam method act, dengan menulisakan kalah() di bawah makan();
kalau sudah silahkan di compile lalu Run. Dan lihat bahwa jika tokek menyentuh Ular maka game akan terhenti dengan tanda tombol Run muncul kembali.

Tentunya sangat masih kurang jika berhenti begitu saja, dan jika kalian Run lagi maka game tidak bisa jalan. Di next time kita akan coba buat stage GameOver, Tombol Main Kembali dan penambahan musik, jadi Stay On Blog Si-Cadel :)

1 comments :

Post a Comment

Cancel Reply

Ikutan Yuuk