Membuat Game Greenfoot Part 2

Haii gaes semua..Bagaimana kabar kalian gaes ?? Semoga diberi kesehatan selalu..

Langsung cuss ajah. Di postingan sebelumnya kita udah belajar bareng membuat game yang bernama Tokek Laper. Tapi sayangnya (cieee dipanggil sayang) si tokek masih belom bisa jalan and makan pizzanya. Jadi kali ini gue dan gaes semua akan belajar ngebuat si tokek bisa jalan dan doyan makan pizza.

Ohh iyaa.. buat gaes semua yang belom baca postingan sebelumnya pasti kalian akan kebingungan ngikutin sekarang jadi gue saranin di intip dulu sebentar deh postingan sebelumnya disini.

Keep calm and be strong

1.      Buka File Game Tokek Lapar
Jika kalian sebelumnya menutup aplikasi greenfoot dan disaat membuka kembali, biasanya file game sebelumnya akan otomatis terbuka tetapi jika tidak, kalian masuk ke direktori file game dan buka file yang ber-icon kaki hijau, ingat kaki hijau bukan kaki merah atau kaki pink.





Di dalam folder game kalian juga terdapat folder Images dan Sounds. Didalam folder itu kalian bisa menyimpan file gambar dan music yang digunakan didalam game.

2.      Source Code Si Tokek
Si tokek ini akan kita tambahi fungsi jalan, makan pizza, kendali keyboard dan jika si tokek keluar dari bidang game. Silahkan buka editor dari class Tokek dengan mengklik dua kali pada class Tokek.








Terdapat method act didalam class Tokek. Act adalah kepanjangan dari actor, yakni sebuah method yang digunakan untuk mengerakan objek dari class tersebut. Kalo kalian belajar Java maka act sama seperti Public static void main atau Main Method.













Fungsi move(2); adalah membuat si tokek berjalan maju kedepan. Tentunya akan kelihatan biasa jika jalan dari tokek hanya lurus saya maka disini gue tambahkan method jalan( ) yang berisikan fungsi untuk membuat tokek berjalan seperti kekanan dan kekiri. Greenfoot.getRandomNumber(int); memilik fungsi untuk membuat objek menjadi random, dalam greenfoot fungsi tersebut sangat sering digunakan. Selanjutnya bisa kalian Compile dan bisa kalian Run.

Yeeeh udah bisa jalan si tokeknya, loh looh looh si tokek kemana itu kok kelihatan cuma ekornya ajah, kepalanya mana. Serem banget kalo sampeg si tokek gak kelihatan kepalanya. Gak usah syok badai gitu gaes kita akan ngebuat si tokek kalo nyentuh tepi bidang game akan ngebuat dia puter balik (hehehe).






Masih di class Tokek, kita buat method baru bernama putar_balik( ). Didalam putar_balik terdapat pemeriksaan kondisi dimana jika si objek menyentuh tepi bidang game atau bahasa greenfootnya adalah isAtEdge maka objek akan mengekseusi turn(int); atau putar balik sebanyak angka yang dimasukkan. Jangan lupa untuk memanggil method putar_balik kedalam method act dengan menuliskan nama method, seperti putar_balik(); sekarang compile lagi dan jalankan lalu lihat perbedaanya dari sebelumnya. Yang awalnya jika menyentuh tepi bidang si tokek kehilangan kepala tapi sekarang si tokek akan putar balik.

Karena jalan si tokek masih random maka kita butuhkan kendali untuk menjalankan si tokek ke kanan atau ke kiri sehingga mudah buat si tokek memakan pizza.








Kembali lagi kita bertemu pemeriksaan kondisi atau if, kali ini kita akan menggunakan if sebagai fungsi untuk kendali jalan tokek. Fungsi tombol keyboard dalam greenfoot menggunakan isKeyDown(“string”); dimana kata didalam tanda kurung adalah keyboard yang digunakan, karena bernilai string maka penggunaannya harus menggunakan tanda petik (“ “). Huruf didalam tanda kurung bisa kalian ganti sesuai dengan kenyamanan pemain, biasanya memakai tombol “left” dan “right” tetapi karena tombol left saya yang ilang jadi gue ngak bisa makek tombol left (hehehe). Sama seperti sebelumnya, untuk memanggil method arah( ) kita menuliskan nama method kedalam act( ). Compile lagi lalu jalankan game tersebut, maka sekarang dengan tombol keyboard kita bisa mengatur kemana si tokek jalan.

--- biar tenang, sambil nyemil atau nyeruput kopi dulu gaes ---

3.      Source Code Makan Pizza
Tujuan dari scenario game Tokek Lapar adalah untuk memakan pizza jadi kita akan ngebuat si tokek mampu memakan Pizza.

Sebelum ngoding, coba kalian bayangkan terlebih dahulu bagaimana si tokek mampu memakan pizza. Tentunya si tokek akan mendekati makanan tersebut dan akan menyentuhnya dan sehabis dimakan, makanan pun akan habis atau hilang, sangat tidak mungkin kalo habis dimakan tetapi makanannya masih ada. Naah begitulah alurnya, tokek akan menyentuh pizza dan pizza akan menghilang.

Untuk source code makan masih berada di class Tokek karena tokek yang akan memakan pizza dan bukan kamu yang akan makan (hahaha ketawa jahat ceritanya).





Kita udah buat method bernama makan dimana didalam method itu terdapat fungi untuk menghilangkan pizza. Dengan menggunakan pemeriksaan kondisi (if) jika objek, yang kali ini objeknya Tokek jika menyentuh pizza, dalam greenfoot menggunakan isTouching(Pizza.class) maksudnya jika menyentuh Pizza.class atau class Pizza maka objek Pizza akan hilang, dalam bahasa programnya menggunakan removeTouching(Pizza.class);

Jangan lupa untuk di compile. Mengcompile akan membuat file game kalian otomatis tersimpan jadi compile ajah terus. Silahkan run game kalian dan lihat bahwa si tokek udah bisa makan pizza sekarang. Bagi gaes jika masih ada yang error silahkan di cek source code ini, di post kali ini kita Cuma main-main di kelas tokek..

Ohh yaa gaes.. gue nampilin codingan berupa screenshot ajah atau berupa gambar, bukan karena gue pelit atau bagaimana gitu yaa, tapi lebih baik kalian ngetik ulang dari pada kalian harus copy paste langsung. Hal itu akan membuat kalian malas dan susah untuk paham.. okey kan gaes (y)


Next meet kita akan belajar membuat counter atau score dan ngebuat pizza tak akan habis dimakan, jadi stay on this blog and thank you gaesss. Byeeeee

2 comments :

bermanfaat gan, ini ni yang saya cari cari
iya tah ?? syukur deh sekarang udah ketemu disini

Post a Comment

Cancel Reply

Ikutan Yuuk