Membuat Game Greenfoot Part 3


Berada di pelukanmu mengajarkanku,, apa artinya kenyamanan, kesempurnaan cintaa..
Berdua bersamamu mengajarkanku,, apa artinya kenyamanan, kesempurnaan cintaa..

Ceritanya ini temen gue : heeeeii woooyyy,, wooy,, udah on air nih, udah nyanyinya!!!

Upppsshh,, udah on air ternyata,, maap yaah gaes kalian jadi denger suara gue, bagus ngak menurut kalian ?? awalnya dulu gue suka nyanyi, tapi itu dulu kecil tapi semua udah berubah ketika gue udah gede, karena gue cadel tentunyaa jadi agak sungkan nyanyi keras-keras, apalagi ada huruf itunyaa..

Ceritanya temen gue  : leeeh udah dibilang on air malah curhat nih anak, ayok mulai
Ceritanya gue             : hahaha iya iya ayok mulai lagi..
Ceritanya temen gue  : okey.. hitungan 3 mulai yaa.. tiga… dua… satu… action..

Okey gaes semua (abaikan yang tadi) kali ini kita akan coba otak-atik game tokek lapar lagi. Setelah di part 1 dan part 2, sekarang di part 3 kita akan belajar menambahkan poin dan menambahkan pizza secara random (opsional alias boleh di tiru atau engak, hanya sekedar tambahan ajah)

1.      Membuat poin.
Alat penghitung sangat penting dalam sebuah game, biasanya poin digunakan sebagai penentu kemenangan dalam gam jadi sekarang mari kita buat poin dari game Tokek Lapar.

Yang pertama, kalian harus buat class baru di action. Beri nama Poin dan pilih gambar yang sama dengan background atau gambar yang kalian suka, tapi saran ajah sih mending yang sama ajah.
















Yang kedua, buka editor dari class bg. Lalu ketikan
Poin poin; //buat variable Poin didalam world.

Setelah itu tambahkan codingan berikut di dalam method prepare
Poin poin = new Poin(); //membuat objek poin
addObject(poin, 76, 39); //menambahkan objek poin
poin.setLocation(48, 14); //mengatur posisi objek poin

Yang ketiga, berkumpulah dengan orang sholeh..
eeeh itu kan yang ketiga dari lagu tombo ati hehehe.. okey yang ketiga, sekarang tutup dulu class bg, sekarang kita beralih ke class Tokek. Karena nanti dalam poin kita butuh huruf dan warna jadi terlebih dahulu kita import java awt dimana java awt adalah library untuk warna dan font.
Taruh codingan ini di bagian atas sendiri dari class Tokek
import java.awt.Color;
import java.awt.Font;

selanjutnya kita buat variable angka untuk menghitung poin, taruh codingan ini di atas act( )
int poin =0;

Yang keempat, Tambahkan source code ini dalam method Makan di bawah codingan removeTouching(…….);

poin++; //melakukan penambahan poin (+1)
String tampil=""+poin; // variable menampilkan poin
GreenfootImage g = new GreenfootImage("Poin : "+tampil, 24, Color.WHITE, Color.BLACK); //gambar yang nanti muncul sebagai alat pengitung
Poin a = (Poin)getWorld().getObjects(Poin.class).get(0); //mengakses class poin supaya bisa tampilkan gambar
a.setImage(g); //mengganti gambar a (dalam hal ini a = Poin.class)







okey yaps selesai, silahkan di compile, jika tidak ada kesalahan maka bahagialah kalian, tapi jika masih ada yang belom beruntung, coba deh cari kesalahannya dimana, kalo udah mentok taruh di post komentar ajah yaa biar saling ngebantu J

Run game kalian dan lihat jika si tokek makan pizza maka satu pizza sama dengan 1 poin. Yeeeee..












2.      Pizza tak pernah habis
Beginilah setiap ngebuat game, pasti di tengah perjalanan akan muncul ide-ide baru. Maka dari itu scenario sangat di butuhkan agar kalian bisa konsisten gaes tpi jika ad aide di tulis ajah, siapa tau di versi game selanjutnya bisa kita tambahkan ide kita tersebut. Okey ngak tau kenapa gue tiba-tiba kepikiran untuk ngebuat pizzanya ngak pernah abis, mungkin gue udah terlalu sayang sama si Tokek jadi ngak mau lihat dia sampai kelaparan.

Jadi kali ini buat tambahan kita akan memunculkan kembali pizza yang telah dimakan, eeh tapi munculnya random loh yaa jadi ngak bisa di tebak bakal dimana munculnya.

Caranya mudah dan simple banget dan masih di class Tokek dan method makan. Kalian tambahkan codingan ini di atas dari poin++;
getWorld().addObject(new Pizza(),Greenfoot.getRandomNumber(600)+0,Greenfoot.getRandomNumber(400)+0);

gue jelasin dikit yaa dan semoga bener :D
getWorld() = dari artinya udah taukan ini buat apa !! iyaa disini kita mau ngakses world karena objek di class tokek kan si tokeknya jadi jika kita ambil dari class pizza.
addObject(objek, x, y) = penambahan objek dari class Pizza, dan kita buat x dan y-nya menjadi random menggunakan getRandomNumber(int). nilai 600 dan 400 merupakan batas muncul, jadi maksimal di kordinat 600 dan 400.

Udah selesai..
Ceritanya ini temen gue         : udah gitu doing ???
Ceritanya ini gue                    : iya emang gitu ajah, coba deh di compile, kalo ngak ada kesalahan coba run, pasti kalo pizza yang abis dimakan bakal muncul lagi :p

Di gambar pertama ini jumlah pizza sebelum game dimainkan ada 6 buah.












Dan digambar ini menunjukan kalo si tokek udah makan 3 pizza tapi jumlah pizza yang ada masih tetap ada 6 dan posisinya udah berubah.












Okey gaes buat kali ini cukup ini dulu, kita udah buat counter,  pizza tidak habis dan muncul random. Next kita akan coba buat enemy atau racun atau musuh atau apalah pokoknya lawan dari tokek..



thank udah mampir dan tularkan virus tokek kepada orang-orang di sekitar anda. Salam tokek :D hehehe

10 comments :

ini pake program apa y gan?
itu udah ada di atas :D pakek si kaki hijau, alias Greenfoot
ane kurang paham gan hehehe :D
hahaha jangan agan, q juga ngak paham :D tapi kalo mau belajar pasti bisa :)
iya gan, sayang kalo ngak di cobak, ilmu itu :)
Wah.. baru tahu ada Greenfoot... googling dulu dah... mengingatkan pada masa lalu jaman kuliah utak-atik bahasa pemrograman tapi kalah oleh rasa malas :D
wah keren gan ane coba baca yang pertama dan kedua dulu
hmmm.. kayanya sulit gan bagi saya . ga tau deh buat yg lain hehe
gamenya menarik gan ane pelajarin dulu yah

Post a Comment

Cancel Reply

Ikutan Yuuk