Membuat Game Greenfoot Part 3
Berada di pelukanmu mengajarkanku,, apa artinya
kenyamanan, kesempurnaan cintaa..
Berdua bersamamu mengajarkanku,, apa artinya
kenyamanan, kesempurnaan cintaa..
Ceritanya ini temen gue : heeeeii woooyyy,, wooy,, udah
on air nih, udah nyanyinya!!!
Upppsshh,, udah on air ternyata,, maap yaah gaes
kalian jadi denger suara gue, bagus ngak menurut kalian ?? awalnya dulu gue
suka nyanyi, tapi itu dulu kecil tapi semua udah berubah ketika gue udah gede,
karena gue cadel tentunyaa jadi agak sungkan nyanyi keras-keras, apalagi ada
huruf itunyaa..
Ceritanya temen gue
: leeeh udah dibilang on air malah curhat nih anak, ayok mulai
Ceritanya gue :
hahaha iya iya ayok mulai lagi..
Ceritanya temen gue :
okey.. hitungan 3 mulai yaa.. tiga… dua… satu… action..
Okey gaes semua (abaikan yang tadi) kali ini kita akan
coba otak-atik game tokek lapar lagi. Setelah di part 1 dan part 2, sekarang di
part 3 kita akan belajar menambahkan poin dan menambahkan pizza secara random
(opsional alias boleh di tiru atau engak, hanya sekedar tambahan ajah)
1.
Membuat poin.
Alat penghitung sangat penting dalam
sebuah game, biasanya poin digunakan sebagai penentu kemenangan dalam gam jadi
sekarang mari kita buat poin dari game Tokek Lapar.
Yang pertama, kalian harus buat class
baru di action. Beri nama Poin dan pilih gambar yang sama dengan background
atau gambar yang kalian suka, tapi saran ajah sih mending yang sama ajah.
Yang kedua, buka editor dari class bg. Lalu ketikan
Poin
poin; //buat variable
Poin didalam world.
Setelah itu tambahkan codingan berikut
di dalam method prepare
Poin poin = new Poin(); //membuat objek
poin
addObject(poin, 76, 39); //menambahkan
objek poin
poin.setLocation(48, 14); //mengatur
posisi objek poin
Yang ketiga, berkumpulah dengan orang
sholeh..
eeeh itu kan yang ketiga dari lagu tombo
ati hehehe.. okey yang ketiga, sekarang tutup dulu class bg, sekarang kita beralih ke class Tokek. Karena nanti dalam poin kita butuh huruf dan warna jadi
terlebih dahulu kita import java awt
dimana java awt adalah library untuk warna dan font.
Taruh codingan ini di bagian atas
sendiri dari class Tokek
import java.awt.Color;
import java.awt.Font;
selanjutnya kita buat variable angka
untuk menghitung poin, taruh codingan ini di atas act( )
int poin =0;
Yang keempat, Tambahkan source code ini
dalam method Makan di bawah codingan
removeTouching(…….);
poin++; //melakukan penambahan poin (+1)
String tampil=""+poin; // variable
menampilkan poin
GreenfootImage g = new
GreenfootImage("Poin : "+tampil, 24, Color.WHITE, Color.BLACK); //gambar
yang nanti muncul sebagai alat pengitung
Poin a =
(Poin)getWorld().getObjects(Poin.class).get(0); //mengakses class poin supaya
bisa tampilkan gambar
a.setImage(g); //mengganti gambar a
(dalam hal ini a = Poin.class)
okey yaps selesai, silahkan di compile,
jika tidak ada kesalahan maka bahagialah kalian, tapi jika masih ada yang belom
beruntung, coba deh cari kesalahannya dimana, kalo udah mentok taruh di post
komentar ajah yaa biar saling ngebantu J
Run
game kalian dan lihat
jika si tokek makan pizza maka satu pizza sama dengan 1 poin. Yeeeee..
2.
Pizza tak pernah habis
Beginilah setiap ngebuat game, pasti di
tengah perjalanan akan muncul ide-ide baru. Maka dari itu scenario sangat di
butuhkan agar kalian bisa konsisten gaes tpi jika ad aide di tulis ajah, siapa
tau di versi game selanjutnya bisa kita tambahkan ide kita tersebut. Okey ngak tau
kenapa gue tiba-tiba kepikiran untuk ngebuat pizzanya ngak pernah abis, mungkin
gue udah terlalu sayang sama si Tokek jadi ngak mau lihat dia sampai kelaparan.
Jadi kali ini buat tambahan kita akan
memunculkan kembali pizza yang telah dimakan, eeh tapi munculnya random loh yaa
jadi ngak bisa di tebak bakal dimana munculnya.
Caranya mudah dan simple banget dan
masih di class Tokek dan method makan. Kalian tambahkan codingan ini di atas
dari poin++;
getWorld().addObject(new
Pizza(),Greenfoot.getRandomNumber(600)+0,Greenfoot.getRandomNumber(400)+0);
gue jelasin dikit yaa dan semoga bener
:D
getWorld() = dari artinya udah taukan ini buat apa
!! iyaa disini kita mau ngakses world karena objek di class tokek kan si
tokeknya jadi jika kita ambil dari class pizza.
addObject(objek,
x, y) = penambahan
objek dari class Pizza, dan kita buat x dan y-nya menjadi random menggunakan getRandomNumber(int). nilai 600 dan 400
merupakan batas muncul, jadi maksimal di kordinat 600 dan 400.
Udah selesai..
Ceritanya ini temen gue : udah gitu doing ???
Ceritanya ini gue : iya emang
gitu ajah, coba deh di compile, kalo ngak ada kesalahan coba run, pasti kalo
pizza yang abis dimakan bakal muncul lagi :p
Di gambar pertama ini jumlah pizza
sebelum game dimainkan ada 6 buah.
Dan digambar ini menunjukan kalo si
tokek udah makan 3 pizza tapi jumlah pizza yang ada masih tetap ada 6 dan
posisinya udah berubah.
Okey gaes buat kali ini cukup ini dulu,
kita udah buat counter, pizza tidak
habis dan muncul random. Next kita akan coba buat enemy atau racun atau musuh
atau apalah pokoknya lawan dari tokek..
thank udah mampir dan tularkan virus tokek kepada
orang-orang di sekitar anda. Salam tokek :D hehehe
10 comments :
Formulir Kontak
Labels
Popular Posts
-
Haii gaes semua..Bagaimana kabar kalian gaes ?? Semoga diberi kesehatan selalu.. Langsung cuss ajah. Di postingan sebelumnya kita ...
-
Haii gaes semua.. Gimana udah kenalan belom sama si greenfoot ?? yang udah baca postingan sebelumnya pasti udah kenal ta...
-
Berada di pelukanmu mengajarkanku,, apa artinya kenyamanan, kesempurnaan cintaa.. Berdua bersamamu mengajarkanku,, apa artinya kenya...
-
Haii gaes semua, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, maka dari itu gue akan kenalan, supaya gaes semua setidaknya kena...
statistics
Google Plus
Facebook
Twitter
Share this Post
Ads 1
Blogger templates
Ads 2
Blogroll
Ads 2
Rudi Hariyanto
I'm Blogger
My Name Rudi Hariyanto. Live in Gresik, East Java, Indonesia. Now i study on Muhammadiyah University of Gresik. Im Informatic Engineering. I learn Java, Web Design and Desain Grapich. I hope you enjoy visit on my blog
About
Contributors
Powered by Blogger.
Post a Comment