Membuat Game Greenfoot Part 1

Haii gaes semua..

            Gimana udah kenalan belom sama si greenfoot ?? yang udah baca postingan sebelumnya pasti udah kenal tapi bagi yang belom buruan baca disini, jangan sampai nyesel entar kalo ngak sempet baca.

            Okey langsung cuss ajah deh. setelah gaes semua udah pasang greenfoot + JDK di leptop tetangga masing-masing, sekarang kita akan ngebuat game yang gue kasih judul TOKEK LAPAR. Tapi sebelum kita mulai, gue punya saran buat gaes semuanya. Alangkah baiknya sebelum ngebuat game, gaes harus buat apa itu SCENARIO. Scenario disini adalah jalannya atau alur dari game yang ingin gaes buat, dengan adanya scenario kalian akan memiliki alur yang jelas dan tidak terombang ambing oleh hantu keraguan (hehehe).

            Untuk scenario dari game tokek lapar ini adalah seekor tokek, iya emang tokek bukan kambing ataupun sapi. Si tokek ini sangat lapar jadi dia akan memakan makanan yang ada, di game ini gue kasih makanan pizza biar tokeknya gaaaooll. Setelah pizza telah habis makan si tokek menjadi kenyang dan game pun selesai. Catatan buat gaes, dari scenario tersebut nantinya bisa dikembangkan misalnya ada racun ataupun musuh dari tokek yang bakal ngambil pizza, jadi stay terus ajah yaa di blog gue yaa :D okey sekarang waktunya kita mengeksekusi si tokek. Keep calm and enjoy it.

1.      Buka Aplikasi Greenfoot
Silakan gaes buka aplikasi greenfoot yang udah kalian install, dan nanti akan muncul tampilan kayag gini










Dan juga begini










2.      Buatlah scenario baru
Scenario yakni adalah file dari game yang akan kalian buat. Buat scenario pada scenario menu à New










Nanti akan muncul kotak dialog untuk memberi nama file dan dimana tempat untuk menyimpan file, disini gue kasih nama seperti judul game yakni Tokek Lapar lalu tekan tombol Create.










3.      Buat subclass dari World
Class World adalah class bawaan dari si greenfoot yang jika digambarkan maka class world seperti main class (class utama) pada greenfoot.
Buat subclass world dengan mengklik kanan pada world lalu pilih New Subclass






Muncul kotak dialog lagi yang di haruskan untuk memberi nama subclass dan memilih gambar untuk background. Untuk nama class disini gue kasih nama bg (Java memiliki sifat Case Sensitive yakni huruf besar dan kecil sangat diperhatikan) jadi kebayang deh bagaimana kalo kalian pacaran sama programmer java (hehehe)













Untuk gambar backround kalian bisa memilih sesuai kesukaan kalian dan juga bisa import gambar dari direktori file kalian dengan tombol Import from file. Jika sudah lalu tekan Ok.
Secara default ukuran game yakni 600x400 pixel, kalian bisa ubah ukuran dengan Mengklik kanan pada class bg lalu pilih Open Editor, atau bisa dengan Mengklik dua kali pada class bg.






Untuk mengubah ukuran default game yakni dengan mengedit source dibawah ini





Nilai 600 adalah panjang, 400 adalah tinggi, sedangkan 1 dimaksudkan adalah ukuran pixel gambar 1x1. Bisa kalian ubah sesuai kebutuhan kalian tapi gue tetap pada pendirian gue (sok cool) jadi gue biarin ajah ukuran segitu :P kalo udah selesai mengubah ukuran tekan tombol Compile baik yang ada di jendela source code maupun pada jendela utama yang tombolnya berada di pojok kanan bawah.

4.      Buat subclass Actor
Tadi ada world, sekarang ada Actor. Sama seperti world, actor merupakan class default yang udah ada di greenfoot. Di class actor kalian bisa menempatkan prilaku-prilaku yang akan menjalankan game dan tentunya harus membuat subclass dulu dengan class Actor sebagai induk class.
Cara untuk membuat subclass actor sama seperti membuat subclass di world yakni Mengklik kanan pada Actor lalu pilih New Subclass






Akan muncul kotak dialog untuk memberi nama class dan gambar. Untuk actor yang kita buat pertama yakni actor dari si tokek jadi isikan nama class Tokek dan pilih gambar yang udah tersedia di Animal lalu pilih lizard2.png (buat gaes bisa isi nama atau pilih gambar kesukaan kalian) kalo udah tekan Ok














Buat subclass actor lagi untuk makanan dari tokek.













Jika sudah tekan tombol Compile.

5.      Menambahkan Actor kebidang permainan
Selanjutnya kita masukan para actor kedalam bidang game. Ada dua cara yang bisa kalian lakukan.
Cara Pertama : Buka editor dari class bg lalu tambahkan source code di bawah ini


Source code diatas yakni menambahkan actor tokek dengan menggunakan addObject(nama, x, y); bagi yang sudah belajar OOP Java materi Class dan Object, maka untuk kali ini sama seperti class dan Object tersebut. Nama tokek ada nama object dan nilai 100, 100 yakni koordinat dari x dan koordinat y.
Cara kedua : Klik kanan à New Tokek()







Lalu taruh tokek di bidang game sesuai keinginan. Lalu pada bidang game Klik kanan à Save the World









Kalian suka cara yang mana gaes, pasti cara kedua kalian suka (gue tau ituu). Emang cara kedua adalah cara yang paling mudah dan gak perlu waktu lama, dan kalian pasti kaget setelah melakukan Save the World muncul method Prepare() di source code bg yang isinya sama seperti yang ada di cara yang kedua. Kalau kalian mau menambahkan objek lagi tapi dengan cara yang kedua, kalian tinggal mengisikan seperti cara yang pertama kedalam method Prepare()











Setelah menambahkan si tokek maka selanjutnya menambahkan makanannya, lakukan seperti kalian menambahkan si tokek tadi.











Kalau sudah jalankan game dengan tombol Run atau dengan shortcut Ctrl + R.

bagaimana ?? game kalian bisa jalan ngak, apa ngak bisa jalan ? emang belom bisa :P

Masih kuatkan kalian gaes, kita break dulu bentar, nyemil atau nyeruput kopi dulu. Abis nih kita buat si tokek bisa jalan dan bisa makan pizza..

Kalau udah selesai breaknya klik disini untuk ngebuat si tokek bisa jalan dan makan.

6 comments :

Saya pernah liat tokek seperti ini mas, tapi lupa di film apa.
hehehe itu film oscar oasis yang dulu pernah ada di mn*tv mas :D
makasih,saya nunggu part berikutnya ya sob :)
iya di tunggu ajah part-part selanjutnya :)

Post a Comment

Cancel Reply

Ikutan Yuuk